TIPS USAHA WARNET UNTUK PEMULA



Sudah lulus sulit mencari pekerjaan? 

Masukin lamaran kesana kesini tidak ada panggilan?

Punya modal tapi bingung mau memulai usaha karena belum punya pengalaman?


WARNET merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan tapi ringan dan bisa kita lakukan secara menetap adalah bisnis jasa dan penyewaan/rental. Diantaranya adalah membuka usaha warnet di dekat rumah ataupun membuka tempat baru.

Walaupun saat ini hampir setiap rumah sudah memilik internet dan hampir setiap orang memiliki HP dengan koneksi internet, tapi percayalah menggeluti usaha warnet dan game online tidak akan melemah karena pengguna warnet masih eksis dan untuk developer selalu mengupdate dan menciptakan game terbaru. Tapi usaha warnet ini tidak akan berjalan lancar bila tidak dipersiapkan secara mendetail.

Nah sekarang disini saya akan berbagi pengalaman mendirikan warnet serta keluh kesah yang saya rasakan sampai sekarang. 

Langkah 1. Niat

Sering kali kita ragu untuk memulai usaha. Biasanya kita memiliki pikiran 


"harus darimana dulu yah?"

"butuh modal berapa yah kira-kira?"

"kedepannya bakal gimana yah?"

Jika anda masih ragu, anda hanya perlu melakukan penelitian kecil browsing sana-sini karena banyak tips dan saran yang bisa kalian cari di internet.
Jika sudah mantapkan niat anda untuk mendirikan usaha warnet anda sendiri, keraguan anda bisa menjadi kegagalan nantinya.



Langkah 2. Menentukan lokasi usaha WARNET anda

 Untuk menentukan lokasi sebenarnya rejeki mah bisa didapat di mana saja, asalkan orang tahu tempat dan servise kita baik, pasti tetep akan diingat pelanggan. Tapi sebaiknya anda harus memikirkan beberapa aspek terlebih dahulu:

1. Jalur INTERNET yang akan anda pakai tersedia atau tidak diwilayah anda, jangan sampai anda sudah mendirikan usaha tapi tidak satupun penyedia internet mempunyai jalur ke tempat usaha anda.

2. Lokasi STRATEGIS biasanya dekat dengan tempat-tempat yang membutuhkan layanan anda. 
Seperti:
  • Tidak jauh dari Jalan Raya
  • Sekolahan
  • Kampus
  • Kantor
3. Jika didekat anda sudah ada yang mendirikan usaha warnet sebenarnya anda masih bisa bersaing dengan cara menyediakan layanan yang lebih bagus dari warnet yang sudah ada.



Langkah 3. Mepersiapkan kebutuhan WARNET

Disini saya akan menjelaskan kebutuhan awal untuk mendirikan warnet dari yang paling utama sampai yang paling akhir
  • INTERNET untuk kebutuhan internet kita bisa memilih dari bermacam-macam layanan yang sudah ada saat ini. Pilih yang memiliki kecepatan internet tinggi dengan harga murah dan koneksinya stabil. Penyedia layanan internet yang ada saat ini seperti Indihome, Oxygen, Myrepublic, Biznet, First Media, GIG Indosat, MNC Play. (SARAN KECEPATAN UPLOAD 1:1 DOWNLOAD



  • PERANGKAT KOMPUTER sangat penting untuk memilih spesifikasi perangkat kita agar bisa bersaing dengan usaha WARNET lainnya. Pilihlah perangkat komputer yang bisa dipakai untuk 5 tahun kedepan atau lebih, mahal sedikit tidak jadi masalah daripada hanya bertahan untuk 2 tahun atau bahkan 1 tahun usaha kita berjalan. Perangkat yang perlu disediakan seperti: Paket Komputer (cpu, monitor, mouse, keyboard), Kabel Lan, Switch, Kabel Listrik, Terminal Listrik, Headset (saya lebih memilih memakai headset dibanding sound)



  • PERLENGKAPAN WARNET adalah barang yang mendukung untuk keperluan warnet anda seperti: Meja Server, Meja Client (saya sarankan meja tempel dinding karena lebih murah), Kursi, Kipas Angin (penting biar yang main nyaman), Asbak (jika diperbolehkan merokok)
 meja tempel dan posisi duduk di kursi supaya nyaman
 option ngampar tapi biasanya bikin pegel haha



Langkah 4. Menyiapkan sistem Server, Client, dan Billing


Untuk yang satu ini awal saya mendirikan warnet pun sangat membuat bingung

"Harus cari dimana?"
"Harus bayar atau ada yang gratis?" 

Untuk yang satu ini banyak macamnya ada yang berbayar ada juga yang gratis, karena saya pemula dan pengennya yang gratis gratis aja jadi saya menggunakan aplikasi smartbilling dr G-Warnet (terima kasih G-Warnet). Sudah disediakan aplikasi biling, server dan client. Tapi jika ingin menggunakan aplikasi yang lain banyak macamnya dengan tingkat keamanan sistem yang lebih baik.



Langkah 5. Instalasi Warnet dan Game
  
Untuk anda yang tidak mau direpotkan untuk langkah yang satu ini banyak jasa instalasi warnet dengan harga bervariasi, biasanya antara 95.000 - 150.000 per komputer. Haha berarti ada biaya tambahan lagi, tapi saya berusaha untuk menyelesaikan semua ini sendiri dengan niat dan memakan waktu yang  lumayan.

Instal game yang lagi berkembang saat ini seperti Dota, Pointblank, dll. Lebih banyak game yang terinstal, lebih banyak yang bisa dimainkan pelanggan, berarti lebih banyak kesempatan menambah penghasilan dan pelanggan.

Jangan hanya menginstal game online saja, tapi juga tambahkan game offline yang bisa dimainkan perorangan atau kelompok.



Langkah 6. Promosi dan Bonus

Nah untuk mencari pelanggan utama anda hal ini wajib untuk anda lakukan. Beberapa hari sebelum pembukaan pertama warnet, anda sudah harus menyebarkan kabar pembukaan warnet anda. Bisa dengan mulut ke mulut (biasanya anak kecil cepet nyebar), pasang spanduk didepan warnet anda, buat selebaran flyer kalo perlu untuk disebar disekitar sekolahan terdekat.

Untuk awal kasih promo bonus main jika contoh Rp 10.000,-/4jam kasih menjadi Rp 10.000,-/5jam. Penting untuk menarik para pemain menjadi pelanggan tetap di warnet kita. Dan promo ini juga harus diberikan setiap sebulan sekali terserah kebijakan kita masing-masing.

Bonus bulanan untuk member dengan total harga main paling banyak sebulan juga bisa meningkatkan minat pelanggan untuk bermain lebih lama dan lebih sering di warnet kita.


Langkah 7. Mencari pendapatan tambahan

Ada pribahasa sambil menyelam minum air, sambil usaha warnet buka usaha yang lain juga. lumayan untuk menambah penghasilan dengan sumber daya yang ada. Bukalah juga layanan yang lain seperti loket pembayaran, jualan pulsa, dll.



 Sampai sini pembahasan kita tentang tips-tips mendirikan usah warnet untuk pemula. Jika masih ingin ada yang ditanyakan bisa tanya langsung lewat comment dibawah.

INGAT! mau sukses perlu usaha maksimal dan kerja keras... ^_^  

TERIMA JASA INSTALASI WARNET ATAU PEMESANAN KOMPUTER UNTUK WARNET 


Salam sukses!

 Tags : usaha, mamulai usaha warnet, warnet, pemula, usaha kecil, belajar usaha, usaha 2018, wirausaha, 2018

Comments