TIPS DAN SYARAT MENJADI AGEN GAS LPG







Gas elpiji pertamina saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari disemua kalangan, baik dipakai perorangan ataupun usaha dagang. Disetiap sudut jalan pasti kita mudah menjumpai penjual atau pemakai gas elpiji. Terutama gas elpiji 3kg yang sangat mudah dibawa dan mendapatkannya sangat mudah, hampir disetiap toko kecil ataupun besar pasti kita jumpai gas jenis ini.


Ada 3 macam ukuran gas yang dijual dipasaran yaitu ukuran 3kg, 5kg dan 12kg.



Cara menjadi Agen LPG 

Untuk saat ini kemungkinan untuk menjadi agen gas LPG 3kg sudah sangat sulit, dikarenakan sudah banyaknya agen di tiap sudut kota dan bahkan kuota untuk menjadi agen dari pertamina sudah penuh.

Tapi tidak ada salahnya mencoba. Kita cukup datang ke agen besar yang memiliki truk merah yang sering lalu lalang, adapun alamat dan no telp yang bisa kita dapat di truk itu. Jadi tidak sulit mencari  lokasi agen besar tersebut.

Datang langsung dan tanyakan apakah slot untuk menjadi sub agen masih tersedia di agen besar tersebut. Jika masih ada daftar langsung saja, tanyakan syarat yang harus dipenuhi.

Berikut ini tahapan menjadi agen dan persyaratannya, antara lain:

1. Mendaftarkan diri. Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji di daerah sobat. Caranya dengan mengakses situs resmi pertamina yaitu sppbe.pertamina.com. Silahkan di website resmi pertamina tersebut anda mendaftarkan diri sebagai agen utama di wilayah sobat.

 
2. Mempunyai usaha yang berbadan hukum. Misalkan koperasi atau PT. Mengapa disyaratkan demikian? Karena nantinya calon agen gas elpiji akan membuat surat perjanjian usaha yang salah satu poinnya menyatakan kesanggupan untuk menjual satu ton lebih gas elpiji perhari.


3. Melengkapi dengan Dokumen. Berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji pertamina, antara lain:

▪ Surat Perjanjian Kerjasama
Di dalam surat ini dijelaskan mengenai kesanggupan anda menjadi mitra usaha pertamina sebagai agen gas elpiji dan siap memberikan jaminan modal uang.

▪ SIUP
Selain itu, anda harus melengkapinya dengan Surat ijin usaha perdagangan atau SIUP, Surat Ijin Gangguan, Surat Tanda Daftar Perusahaan, dll. Untuk membuat surat dokumen tersebut, anda bisa mendatangi kantor dinas perijinan setempat.

▪ Surat Rekomendasi
Surat yang dibuat oleh pemerintahan desa setempat yang menyatakan memberikan ijin dan rekomendasi untuk membuka usaha agen gas di wilayah sobat. Untuk membuat surat rekomendasi usaha agen gas ini, anda harus meminta persetujuan tingkat rt dan rw hingga kelurahan

▪ Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
Tak kalah penting, anda harus melampirkan fotocopy KTP dan foto berwarna sebagai syarat pengajuan menjadi agen gas. Selain itu, sebagai tambahan harus membuat surat pernyataan kepatuhan terhadap segala ketentuan dari Pertamina.

Setelah anda mendaftarkan diri sebagai usaha agen gas dengan persyaratan yang dibutuhkan seperti mempunyai badan hukum dan lokasi usaha maka selanjutnya pihak pertamina akan melakukan proses seleksi atau survey. Ada dua hal yang disurvey oleh pihak pertamina yang menentukan pengajuan agen gas disetujui atau tidak, antara lain:

▪ Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha agen gas elpiji pertamina disyaratkan memiliki luas paling sedikit 75 meter kali 68 meter. Lebih besar lokasi usaha maka lebih bagus. Lokasi usaha berada di tempat yang tepat seperti jauh dari daerah Sutet dan jauh dari perumahan warga masyarakat.

▪ Keuangan Perusahaan
Pihak Pertamina juga akan menilai kemampuan keuangan perusahan. Apakah keuangan usaha cukup besar atau tidak? Dilihat dari segi modal dan lokasi yang strategis.

Setelah melakukan survey kelayakan usaha agen gas selanjutnya dalam waktu satu minggu dari proses pendaftaran, pihak pertamina akan memberikan pengumuman lewat email mengenai disetujui tidaknya pengajuan anda sebagai agen gas utama.


Option lain jika kuota sudah penuh anda masih bisa menjadi sub agen dengan cara membeli ijin dari sub agen lain. Jangan lupa beritahukan kepada agen besar bahwa sub agen tersebut telah berpindah tangan pada anda. 

Biasanya kuota di kota besar sudah habis, tapi tidak menutup kemungkinan kuota baru akan dibuka oleh pertamina jika melihat perkembangan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi untuk gas LPG. 

Kita tidak usah membahas keuntungan menjadi agen, karena saya sendiri merasakan gas LPG adalah komoditas utama yang dibutuhkan masyarakat setelah dibatasinya penggunaan minyak tanah.

Jadi tunggu apalagi segera tanyakan dilokasi anda kuota menjadi agen, dan jalankan bisnisnya.

Salam Sukses!

Comments

  1. Kira2 dibutuhkan biaya brapa utk modal kseluruhan?

    ReplyDelete
  2. minimal brpa tbung untuk awal mnjadi sub agen

    ReplyDelete
  3. Saya juga mau dong.
    Bisakah di bantu

    ReplyDelete
  4. Saya mau jafi agen gasgimana cara dan daftarnya pak
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi agen .minimal 2 DO modal.kuramg lebih 3,5 M

      Delete
    2. Agak susah ya skr mau daftar jd agen gas lpg. Masalah nya mau nanya kuota agen masih ada atau engga itu,ga tau harus nanya ke siapa?

      Delete
  5. Gak ada yg dibales komennya padahal pengin tanya

    ReplyDelete
  6. Kira Kira brapa tabung untuk awal jadi sub agen Dan bagaimana ijin nya tolong bantuan nya trima kasih

    ReplyDelete
  7. Bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji?

    ReplyDelete

Post a Comment